Mengenal Sejarah Kucing Bengal

Labels this post :

Tidak semua orang mengetahui jenis kucing bengal, yang mempunyai corak yang sangat unik ini, tentunya untuk penyayang kucing atau cat lover bisa menyimak sejarah dari kucing bengal ini.

Dr.Centerwall yang mempunyai profesi sebagai ahli genetik, mempunyai keinginan  untuk mempunyai jenis kucing baru dengan corak spotted wild cat tentunya dari hasil mix atau persilangan. Dan dari keinginannya itu, Dr.Centerwall  menguji coba dengan menyilangkan perkawinan kucing  american short hair dan kucing asian leopard. Dari hasil penyilangan itu lahirlah beberapa bayi betina, dan setelah bayi betina itu sudah dewasa Dr.Centerwall kembali  lg mengawinkan anak hasil perkwinan silang itu dengan ayahnya dan pada akhirnya lahirlah kucing baru sesuai dengan harapan Dr.Centerwall dan di beri nama ras bengal. Nama bengal sendiri di peroleh dari bahasa latin Leopard cat iaitu felinebengalenis, yang pada umumnya disebut-sebut dengan nama bengal.

Bengal atau blacan adalah hasil keturunan ke tiga dari perkawinan silang antara asian leopard dan american short hair, yang berasal dari kota California, AS. Walaupun tergolong dalam kucing hutan, namun kucing ras bengal tidak kalah dari persia yang sama- sama di gemari oleh para pecinta hewan.
Bengal mempunyai ukuran yang panjang badannya juga otot pada tubuhnya kuat, serta mempunyai tulang yang tebal dan besar. Dan juga bulunya halus,rapat dan tebal. Pada proses untuk memelihara bengal membutuhkan perawatan pada bagian bulu, cukup dengan menggosok dengan lembut dengan sisir sikat yang halus.

Populasi bengal tidak begitu banyak, oleh sebab itu tergolong mempunyai nilai harga yang tinggi yang bisa mencapai puluhan juta.

Ciri fisik
Ras Kucing Bengal mempunyai tubuh yang gagah dan terlihat besar, hal itu karena hasil keturunan fisik dari leluhurnya. Untuk Kucing Ras Bengal betina pada umumnya mempunyai  berat badan mencapai 4 kilogram hingga 5 kilogram-an. Sedang berat badan kucing bengal jantan yaitu 10 kilogram. Tentu sangat mudah jika membedakan ras kucing bengal dengan kucing lainnya, hanya dilihat dari warna coraknya yang sangat khas dan unik yang didominasi warna hitam dan cokelat.


Bentuk kepala
Bentuk kepala pada kucing bengal  mempunyai ukuran besar dan panjang, tetapi terlihat kecil bila dibandingkan dari ukuran badannya. Kulit hidung mempunyai warna merah dengan garis hitam di luar, telinga pada bengal runcing ke atas, dan warna mata hijau.

Bentuk badan
Bengal mempunyai badan atletis jika dibandingkan dengan kucing lain, kucing bengal terlihat lebih panjang. Umumnya bengal  mempunyai ekor panjang dan berat ideal.

Warna bulu
Bengal memiliki warna bulu yang sangat khas, dengan warna dasar coklat dengan corak bintik berwarna hitam dan menyebar dari kepala ke seluruh badan, sepintas corak bengal seperti macan tutul. Ada pula Kucing Bengal yang memiliki corak seperti harimau. Dengan pola garis horizontal hitam pada pudak dan berbentuk lingkaran seperti cincin di ekornya.

Share it :

About Me : Satriyawan N.R

Helloo,, saya blogger newbie dari Bandarlampung,di blog ini saya menulis apa yang saya tahu mengenai informasi yang beragam, saya juga Mahasiswa Sistem Informasi di Universitas Bandar Lampung,jika ingin menghubungi saya,silahkan kontak dimenu Contact,yang tertera di blog ini. Thanks

Related Posts