Ini Dia Bahayanya Jika Gemeretakan Tulang

Labels this post :

Pernahkah anda menggeretakan punggung ataupun kepala secara mendadak, sehingga menimbulkan bunyi gemeretekk saat tengah lelah ? sebagian dari kita masih ada yang melakukan hal tersebut,karena tidak jarang setelahnya terasa melegakan dan rileks. Namun ternyata kebiasaan ini sangatalah tidak baik dan perlu dihindari. Sebab kegiatan itu dapat menimbulkan trauma pada tulang yang akhirnya dapat mengarah kepada Herniated Nucleus Pulposus (HNP) atau yang sering disebut dengan istilah saraf kejepit.

Didalam tubuh manusia terdapat tulang belakang yang terdiri dari ruas-ruas. Dalam tulang belakang tersebut juga terdapat sumsum tulang belakang berisi saraf-saraf. adapun HNP sendiri adalah kondisi terjepitnya sumsum tulang belakang karena adanya trauma seperti mengangkat barang secara mendadak atau kebiasaan menggeretakan bagian punggung dan leher, bisa juga karena terjatuh dan mengenai bagian tulang belakang sehingga ruas tulang belakang lepas dan sarafnya keluar. Paling sering memang karena trauma, keluar dan akhirnya terjepit. Ini bisa terjadi kepada siapa saja, untuk itu perlu hati-hati.
Ini Dia Bahayanya Jika Gemeretakan Tulang
Meski dapat terjadi ke semua orang, ada beberapa orang yang lebih berisiko, Pertama orang yang menjelang usia lanjut karena fungsi tubuhnya sudah memulai terganggu,termasuk otot dan tulang. Kedua orang yang sering mengangkat barang dengan mendadak. Atau sering lakukan aktivitas seperti menuruni tangga dalam kondisi kaget seperti terpeleset.

Adapun area dimana saraf terjepit bisa terjadi adalah mulai dari leher,daerah punggung,perut dan panggul, dari keseluruhan area tersebut paling sering adalah area panggul karena mengangkat bebaan dan juga daerah leher, gejala awal yang dirasakan biasanya adalah kesemutan, nyeri dan yang paling berbahaya adalah terjadinya kelumpuhan. oleh sebab itu di usahakan jangan angkat barang secara mendadak, dan hati-hati ketika berjalan apalagi saat turun tangga.

Tips Menjaga Kesehatan Tulang

  1. Duduk dalam posisi tegak dan tidak bungkuk, posisi duduk yang bungkuk menyebabkan rasa lelah pada tulang.
  2. Melakukan olahraga ringan dan teratur
  3. Lakukan pemanasan sebelum olahraga
  4. Makan dan istirahat dengan teratur
  5. Mengonsumsi susu yang baik untuk kesehatan tulang dan juga makan yang makanan yang berkalsium yang paling baik didapat dari semua jenis ikan laut.
  6. Jangan terlalu lama duduk saat bekerja, usahakan setiap 2 atau 3 jam posisi dirubah, sempatkan untuk sekedar berjalan agar peredaran darah menjadi lancar dan tubuh terasa rileks.
  7. Jaga posisi tidur, tidurlah secara fleksibel dan tidak melulu  dalam satu posisi, namun posisi tidur terbaik ialah terlentang,diaman otak dan jantung berada dalam posisi sejajar.
Sumber Refrensi: Tribun Lampung (Health) 11 September 2016

Share it :

About Me : Satriyawan N.R

Helloo,, saya blogger newbie dari Bandarlampung,di blog ini saya menulis apa yang saya tahu mengenai informasi yang beragam, saya juga Mahasiswa Sistem Informasi di Universitas Bandar Lampung,jika ingin menghubungi saya,silahkan kontak dimenu Contact,yang tertera di blog ini. Thanks

Related Posts