Penyakit Tipes dan Cara Mudah Pencegahannya

Labels this post :

Bagi sebagian orang, penyakit tipes bukanlah penyakit aneh. Karena hampir sebagian masyarakat Indonesia pernah mengalami penyakit yang menyerang system pencernaan di usus halus ini.
Namun banyak dari kita yang belum mengerti kalau penyakit ini memiliki banyak penyebab. Diantaranya karena kondisi lingkungan,badan dan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Penyakit yang juga dikenal dengan sebutan demam tifoid ini disebabkan bakteri salmonella typhii dan paratyphii. Bakteri ini muncul salah satunya disebakan oleh makanan yang dikonsumsi.

Selaian itu, kondisi tubuh tidak fit,seperti kelelahan dan stress,sangat rentan diserang bakteri, termasuk bakteri tipus ini. Sedangkan pada anak anak, biasanya karena system imun mereka yang masih belum terlalu kuat sehingga bakteri yang ada mudah menyerang

Penyakit Tipes dan Cara Mudah Pencegahannya

Bila penyakit ini tidak segera  ditangani bisa menyebabkan komplikasi serius. Di antaranya penurunan kesadaran (delirium), pendarahan saluran cerna dan perforasi usus. Seandainya penderita sudah sampai mengalami perforasi usus (usus bolong), maka tindakan medisnya adalah operasi. Karena kalau sudah timbul komplikasi berat seperti itu, tidak jarang pasien sulit untuk diselamatkan.

Tanda-tanda umum dari tipus berupa demam tinggi yang meningkat perlahan lahan,rasa menggigil,sakit kepala, badan terasa lemah/lesu, tidak nafsu makan, mual-mual, dan muntah. Gejala lain yang butuh dicermati dan perlu diperhatikan,seperti lidah kotor,sulit buang air besar,terasa nyeri pada bagian perut, dan terkadang timbul bercak kemerahan di beberapa titik tubuh penderita.

Pertanyaannya apakah penyakit ini menular atau tidak ? jawabannya ialah Ya. Bakteri bisa menular dari orang terinfeksi melalui feses atau urine penderita. Di mana ketika orang lain mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi kotoran (feses/urine) penderita tipus. Karena penularan penyakit ini erat kaitannya dengan kebersihan, maka cara pencegahan yang terbaik adalah dengan cara menjaga higienitas makanan,minuman,tangan dan media yang behubungan langsung dengan apapun yang akan masuk ke tubuh kita.

Pencegahan juga bisa dimulai dari hal sederhana,seperti dengan menhindari jajanan dari tempat yang kurang bersih serta memastikan makanan dan minuman dimasak secara sempurna. Lalu melindungi makanan dari lalat,kecoa,dan tikus yang bisa membawa bakteri penyebab tipus.


Selain memperhatikan kondisi konsumsi sehari hari, kita juga harus senantiasa memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan. Misalnya dengan membiasakan cuci tangan dengan air mengalir dan sabun sebelum menyentuh/mengolah makanan termasuk pasca buang air.

Share it :

About Me : Satriyawan N.R

Helloo,, saya blogger newbie dari Bandarlampung,di blog ini saya menulis apa yang saya tahu mengenai informasi yang beragam, saya juga Mahasiswa Sistem Informasi di Universitas Bandar Lampung,jika ingin menghubungi saya,silahkan kontak dimenu Contact,yang tertera di blog ini. Thanks

Related Posts