Pengalaman Prakerin/PKL SMK di Stasiun TV

Labels this post :

Hay sob disini ane akan berbagi pengalaman nih mengenai Praktek Kerja Industri SMK atau yang disingkat Prakerin atau PKL (Praktek Kerja Lapangan). di sekolah SMK sih kegiatan ini wajib di ikuti oleh seluruh siswa/siswi SMK baik sekolah negeri maupun swasta, namun kegiatan ini merupakan kelebihan dari Sekolah Menengah Kejuruan,ya jelas ya namanya aja Kejuruan pasti ada pelajaran khusus yang harus di pelajari,berbeda dengan Sekolah Menengah Atas jika kalian memilih tingkat atas ini kalian belajarnya sama dengan waktu SMP hanya saja pelajaran yang berbeda, untuk selebihnya ane gak tau ya sob,soalnya ane bukan anak SMA tetapi SMK, hehehe.

Oke jika kalian yang masih duduk di bangku SMP atau kalian yang sudah duduk dibangku SMK namun belum menghadapi yang namanya prakerin atau pkl ini,disini ane akan memberikan info mengenai pengalaman pkl ane sewaktu Praktek Industri di stasiun tv lokal yang ada di Lampung yaitu Radar TV Lampung. wah mendengar atau melihat praketin di stasiun tv emang membanggakan ya sob.

Pada waktu itu dibulan Juli tahun 2015 ane mulai Prakerin/PKL sob, sebenarnya sih pas kelas XI udah mulai Prakerin namun entah kenapa di undur jadi kelas XII oleh Kajur (Kepala Jurusan) Multimedia ane. oke skipp aja beruntung dah (dalam hati ane) di undur jadi bisa nyantai dan siapin mental aja buat Prakerin yang tujuannya untuk bisa menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya ya namanya Prakerin/PKL ini hanya untuk pengenalan dan latihan untuk siap di dunia kerja sesuai dengan tingkatan belajar (SMK). dan pada saat itu setelah bagi raport kenaikan kelas ke kelas XII (Dua Belas) selang dua hari sudah ada pengumuman tempat Prakerin/PKL sob, namun disitu ane gak bisa lihat pengumumannya karena ane lagi Periksa ke Dokter bedah mulut karena ada sedikit gangguan lah dibagian mulut.skipp oke disitu ane dapet info dari teman ane ternyata ane dapet tempat Prakerin/PKL di stasiun tv, dalam hati ane wah enak nih Praktek Kerja di stasiun tv, dan teman-teman ane nih sob dapet tempat praktek/pkl ada di percetakan,radio dan ada juga yg sama di stasiun tv namun berbeda tv sob,

Akhirnya nih setelah 3 hari dari pengumuman tempat pkl tadi, seluruh siswa/i kelas XII MM1 dan MM2 di kumpulin untuk diberikan pengarahan dari bapak/ibuk guru, mengenai praktek yang akan dihadapi oleh kami. nah di prakerin ini ane dan teman berpisah sob ada yg satu tempat prakerin/pkl 5 orang disitu terdiri dari kelas MM1 dan MM2. setelah mendapatkan pengarahan kami pun di antar ketempat Prakerin/Pkl untuk menemui supervisor prakerin/pkl di perusahaan tersebut, dan setelah bertemu supervisornya kami dikenali ke staf dan karyawan di perusahaan tempat kami praktek dan setelah berkenalan kami pun disuruh pulang. dan disuruh datang keesokan harinya untuk melakukan prakerin/pkl karena perkenalan tadi bukan dihitung hari pertama namun hanya sebatas pra prakerin lah ane sebut, namun di setiap tempat pkl berbeda-beda ya sob.

Oke fix,, di hari pertama prakerin ane berdoa semoga diberikan kekuatan dan kelancaran dalam melakasanakan praktek kerja ini, di hari pertama ini ane di Ospek sob di statsiun tv ini, namun di ospek ini hanya sebatas agar lebih akrab aja ke karyawan stasiun tv ini, di ospeknya gak kayak pake baju aneh-aneh sob atau sebagainya, namun hanya unjuk gigi kemampuan kita seperti nyanyi,dance,puisi, atau sebagainyalah, nah lucunya ane disini ane kan gk bisa apa-apa jadi ane disuruh nembak cewe sob dari SMK lain tapi masih satu kota kok :D . disitu ane gerogi banget selama ini kan ane gk pernah nembah cewe tapi dilihatin orang kayak gini, wah mau gk mau ane harus nembah nih biar kelar masalah ospek ini, dicampur rasa bingung dan gerogi ane pakasaain dah buat nembak, dan akhirnya ane ucapin apa aja yang ane bisa. hahaha ane langsung ceplas ceplos aja dah ngomongnya dan bisa juga dah, namun nembak aja tadi gk cukup sob kata karyawannya tadi jadi ane disuruh akting nih ya udah dah dalam hati ane ikutin aja, selagi gak aneh-aneh. dan setelah masa ospek ini selesai (cuma butuh waktu 2 jam) akhirnya ane berkenalan lagi dengan karyawan dan staf di stasiun tv tersebut karena kemarin ada yg gk masuk, dan juga ternyata di tempat ane prakerin ada dari sekolah lain dan juga dari luar kota Bandarlampung juga sob, wah ternyata rame juga ya yang prakerin disini.

Hari kedua nih,kebetulan dibagi menjadi dua shift, shift pertama dari jam 08.00 smpe 15.00 dan shift kedua dari jam 15.00 smpe 22.00 nah di minggu pertama ane dapet di shift kedua. disitu ane belum ngapa" in, kalau mau bantu apa ane takut rusak apalagi kamera dan dsb kan mahal sob ya udah aneh mah tunggu disuruh aja biar gk terjadi apa-apa. jadi nih sob ane cuma duduk aja sambil ngeliatin" ruangan disana ada Studio berita,studio acara dan MCR, tapi nih yang ane lebih suka tuh di studio acara kita boleh santai disana di sofa yang empuk kalau tidak ada ON AIR atau TAPPING, sambil ngobrol dan bercanda dengan teman-teman dari smk lain sob. namun jika ada ON AIR atau TAPPING satu jam sebelum mulai kita harus siap" nih mulai dari membersihkan studio,mempersiapkan kamera,switcher di MCR,Clip On buat bintang tamu, dan merapihkan set yang akan di pakai. di hari kedua ini ane lihat dulu dari teman smk yang lain yang udah diluan masuk prakerin/pkl, baru deh setelah melihat dan ane kebetulan di ajak untuk ikut membantu dan juga ane bertanya-tanya nih mengenai alat-alat yang ada di studio.

Pengalaman Prakerin/PKL SMK di Stasiun TV
Foto: MCR (Master Control Room)

Pengalaman Prakerin/PKL SMK di Stasiun TV
Foto: Studio sedang OFF

Pengalaman Prakerin/PKL SMK di Stasiun TV
Foto: Persiapan satu jam sebelum LIVE
Hari selanjutnya, ane mencoba untuk menanyakan di bagian MCR sob, MCR sndiri merupakan Master Control Room jadi diruangan ini tempat untuk mengendalikan siaran jadi orang-orang yang ada disini harus bisa pintar" membagi waktu tayangan dan menjaga siaran yang sedang berlangsung.
di ruangan ini banyak sekali sob alat-alatnya mulai dari monitor dsb, ane gk bisa jelasin disini ntar kepanjangan jadinya. intinya di ruangan ini ane belajar menjadi bagian MCR pokoknya seru dah disini, jika hanya iklan di pagi hari biasanya sih iklan home shoping yang durasinya lama hingga 4 jam kita bisa berselancar di dunia Internte yang kecepatannya wusss, maklumlah namanya juga internet perusahaan besar. namun jika ada acara Live,Tapping kita harus fokus gk boleh main-main.

NEXT.... ceritanya nti ane sambung lagi pegel nih jari nulis :D

Share it :

About Me : Satriyawan N.R

Helloo,, saya blogger newbie dari Bandarlampung,di blog ini saya menulis apa yang saya tahu mengenai informasi yang beragam, saya juga Mahasiswa Sistem Informasi di Universitas Bandar Lampung,jika ingin menghubungi saya,silahkan kontak dimenu Contact,yang tertera di blog ini. Thanks

Related Posts